Short Biografi Cornelis Wowor

Home Articles & News Short Biografi Cornelis Wowor
Short Biografi Cornelis Wowor
01 MAR 2018, 11:05 WIB
Oleh: Administrator | News

Telah dibaca 389 kali

Cornelis Wowor, MA merupakan seorang tokoh yang sangat dikenal di kalangan pemeluk agama Buddha. Ia pernah menjadi seorang bhikkhu dan juga banyak mengisi sejarah perkembangan agama Buddha di Nusantara

Cornelis Wowor dilahirkan di Tomohon, Sulawesi Utara pada tanggal 5 Desember 1948. Ia merupakan putra seorang Purnawirawan ABRI, yaitu Alm. Alexander Wowor dan ibunya bernama Alm. Emma Pangemanan.

Cornelis Wowor pernah menjalani kehidupan sebagai seorang bhikkhu dari tahun 1972 -1980 dengan nama Bhikkhu Agabbalo.

Selepas menjalani kehidupan kebhikkhuan, Cornelis Wowor menikah pada tanggal 2 Januari 1981 dengan Lila Dewi Limartha dan dikaruniai dua orang putra yaitu Vijjayano dan Ariyamano.

Cornelis Wowor meniti karier di Direktorat Urusan Agama Buddha Departemen Agama RI sejak tahun 1986 sebagai staf. Kariernya yang selanjutnya adalah sebagai berikut :

Kepala Seksi Perumusan Bahan pada Subdit Penerangan Agama Buddha (1988)

PJS. Kasubdit Penerangan Agama Buddha (10 Juni 1991)

Kasubdit Bina Sarana Agama Buddha (16 Juni 1995)

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Direktur Urusan Agama Buddha (26 Agustus 1999)

Direktur Urusan Agama Buddha (16 Juni 1999)

Disamping sebagai penulis buku-buku agama Buddha, Cornelis Wowor juga dikenal sebagai Penceramah Dharma atau Dharmaduta. Di era kepemimpinannya sebagai Direktur Urusan Agama Buddha, ia berhasil didirikan Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu, Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Kopeng Semarang, Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya Tangerang, Banten yang akhirnya dapat menjadi satu-satunya STAB Negeri di Indonesia saat ini.

Semoga dengan kekuatan karma baik yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya serta pelimpahan jasa kebajikan dari sanak keluarga dapat membantu Alm. terlahir di alam bahagia.

Sugatim va saggam lokam uttarim va upapajjatu.
Semoga almarhum terlahir di alam bahagia.

 

Keluarga Besar Dhammasena Trisakti dan Pengurus Sangha Metta Arama mengucapkan Turut Bersamvega Citta atas meninggalnya Romo Cornelis Wowor

Samvegacitta,
Ikatan Alumni
Dhammasena Trisakti

dan

Sangha Metta Arama

(Administrator - News)