NASEHAT DHAMMA AJARAN LUANGPO INTHAWAI SANTUSSAKO Part 6

Home Articles & News NASEHAT DHAMMA AJARAN LUANGPO INTHAWAI SANTUSSAKO Part 6
NASEHAT DHAMMA AJARAN LUANGPO INTHAWAI SANTUSSAKO Part 6
03 APR 2017, 09:37 WIB
Oleh: Administrator | Article

Telah dibaca 88 kali

16. Kesadaran (perhatian – sati) harus berada bersama pikiran (citta), batin berada bersama batin, perhatian selalu berada bersama batin diri sendiri, bahwa saat ini batin kita dalam kondisi bagaimana, kawatir tentang apa ; berusahalah agar batin melepas dan 'melepas di dalam batin'.

17. Menapaki kebijaksanaan, haruslah mengetahui kumpulan saṅkhāra, janganlah banyak terpikat – tergila-gila – mabuk pada apapun ; berusahalah melakukan kebaikan, berbuat bajik, batin inilah yang akan menerima kebajikan, terlahir di alam kehidupan manapun, akan menjadi kehidupan (alam kehidupan) yang baik, karena telah melakukan kebajikan, disimpan di dalam batin kita.

18. Tiba saatnya untuk melepas, maka harus melepas ; walau tidak ingin melepas sebagaimanapun, juga harus melepas ; tidak bisa tidak melepas. Ketika orang telah meninggal, apa yang dapat dibawanya, bahkan tulangnya sendiripun masih harus ditinggalkan di tempat kremasi, ditinggalkan di bara api, hanya batin yang terlahir, di sini hanya batin sendiri yang pergi

(Administrator - Article)